Sabtu, 19 November 2022

Untaian Kata Hikmah

Ipk yang baik akan mengantarkan anda untuk panggilan wawancarakerja……tetapi jiwa kepemimpinan dan karakter membawa anda kemasa depan yang lebih baik…(anies baswedan/ibhe)

Seringkali manusia lebih memilih untuk menikmati keindahan ketimbang memilih untuk menjadi keindahan itu untuk dinikmati oleh banyak orang…sungguh menjadi keindahan jauh lebih mulia dibandingkan sekedar menikmati keindahan yang ada…(ibhe)

Hal yang terburuk yang paling sering kita lakukan adalah menhianati pengetahuan yang kita miliki(kutipan/ibhe).

Semoga allah memberikannmu pelangi disetiap badai, sekuntum senyum disetiap air mata, bentang perlindungan disetiap cobaan serta jawaban indah pada tiap doa(ibhe).

Setiap wadah menjadi sempit apa yang ditemaptkan kepadanya, kecuali pengetahuan yang menjadi luas(orang bijak/ibhe).

Sebaik baik perlwanan terhadap musuh allah adalah mengabdi kepada masyarakat (sayyid ali khomeini/ibhe).

Orang yang hanya memikirkan diri sendiri akan hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil tetapi orang yang mau memikirkan orang lain ia akan menajdi orang besar dan mati sebagai orang besar( kutipan/ibhe)

Jika engkau melihat seseorang yang pernah kau baiki ternyata tidak mensyukuri kebaikanmu maka janganlah mersa kecewa, karena kerap terjadi orang lain merasa berutang budi padamu padahal engkau tak pernah berbuat kabaikan apapun untuknya. Dan dengan demikianlah amal sholihmu dapat balasan dan tuhanmu memberikan pahalah atas kebaikanmu(ibhe)

Persahabatan akan tumbuh seperti pohon, apabila berakar kesetiaan berbatang kepercayaan, berdahan kejujuran, berdau seia sekata pastikan bebrbuah keabadian (085255748005)

Yang paling celakah dari setiap manusia adalah orang yang tak beroleh beberapa saudara dalam hidupnya, tetapi lebih celaka lagi orang yang mendapat saudara tetapi menghilangkannya(orang arif/ibhe)

Bergaullah dengan orang lain sedemikian rupa sehingga pabila anda mati mereka akan menangisi anda, dan selagi anda hidup mereka merindukan anda( orang arif/ibhe)

Ikhwan sejati bukan dilihat dari bahunya yang kekar tapi kasih sayangnya pada orang disekitarnya, ikhwan sejati bukan dilihat dari kerasnya pukulannya dari sikap bijaksananya memahami persoalan(irma)

Jangan pernah menyesali apa yang hilang darimu kecuali kemuliaan dan harga diri, karena dia adalah diri sejatimu( murthada mutahahri/ibhe)

 

Kita berhasil bila berani mengubah cara berfikir. Sungguh ditengah keterbatasan itu tersimpan kekuatan dahsyat yang kita bisa luarbiaskan. Kuncinya hadapi masalah dengan berfikir dan berjiwa besar, ubah tantangan jadi peluang

Kita menilai diri dari apa yang kita pikir kita bisa lakukan, sementara orang lain menilai kita dari apa yang kita lakukan, untuk itu bila kita berfikir bisa segerahlah lakukan(pepatah kuno/ria)

Hendaknya kita mengukur ilmu bukan tumpukan buku yang kita baca, bukan dari tumpukan naska yang kita hasilkan, bukan dari penatnya mulut ketika kita berdiskusi tetapi hendaknya kita mengukur dari amal setiap desah nafas kita (kaslam)

Begitu banyak warna dalam perjalanan kita, ada yang bertahan namun tidak sedikit yang pergi meninggalkannya, beginilah jalan dakwah(kaslam)

Senyum adalah pesan kebahagiaan yang paling cepat sampai kehati, jangan menunggu bahagia untum bisa tersenyum tapi tersenyumlah untuk menjemput kebahagiaan itu(hamidah)

Imam ali mengatakan bahwa” shabat sejati adalah orang yang mebuat kita benar, bukan orang yang membenarkan kita9 chalish)

Pikiran adalh juru selam, menyelam jauh kedalam lautan hati untuk menemukan mutiara kebijakan. Ketika dia membawanya kepantai kemahlukannya, mereka tumpah dengan dalam bentuk kata kata dari bibirnya, dan dengan itu dia membeli ketaatan tak bernilai di pasar pasar ibdah allah(….)

Memang waktu adalah sebuah pembuktian bahwa kita berada di alam materi, namun perjalanan menuju padanya tidaklah mengenal waktu selagi diberi kesempatan dan apapun yang sudah kita dapat tidak membuat kita sombong dan angkuhkarena kita bukanlah apa apa dan syapa syapa di banding kekuasaany(irwan)

Suasana pagi makin berseri seri bila matahari mulai menjenguk diri, terlukis keindahan dalam keharmonian, terpamer kekuatan arrahman, burung burung berkicau di celah pohon hijau, menitislah embun dari ujung dedaun, lembut bayu menyapa bagai membelai jiwa, menggilat dosa dosa yang tersisa. Keindahan alam, keindahan islam, kemanisan iman, nikmat yang disukurkan, persada ekecintaan, tak jadi hiasan biarpun kehinaan dimata insan. Segala keperihan jadi rencah perjuangan, itulah sunnatullah dari zaman perjuangan rasulullah, biarpun tumpah air mata dan darah tak peduli demi cinta ilahi. Wahai teman majulah kehadapan islam tak akan kalah begitu janji allah, kemenangan milik alllah, syahi adalah cita. Ridhohla aku hanya padamu dan karunia kehidupan rabbani serta limpahan nikmat didunia ini(chalish)

Wahai saudaraku jadilah seekor burun yang tenang, yang bila bersuara dapat menenangkan hati seseorang, jika terbang menjadikan hati orang yang melihatnya menjadi indah, dan bila ia singgah menjadikan temapt yang disinggahi tetap seperti apa adanya, tapi taka akan lupa siapa penciptanya walau ia terbang sebebas bebasnya, hiasi wajahmu dengan senyuman. Kala hatimu diselimuti amara, gunakanlah wudhumu, kala hatimu dilanda gelisah gunakanlah zikirmu, kala kedamaianmu terusik gunakanlah sholatmu, kala hatimu mersa gelap nyalakanlah pelita cahaya imanmu hanya dengan allah lah hatimu menajdi tenang. Bila suatu hari kamu sendirian, maka janganlah mengatkan aku sendirian, tapi katakanlah disisiku ada allah yang memantauku, bila kau dalam kondisi berat dan sulit maka janganlah kamu mengatakan aku sendirian tak ada teman yang menemani meringankan masalahku, tapi katakanlah allah swt tak akan lengah sedikitpun terhadap urusan hamba hambanya( chalis)

Apa rahasia terbesar hidup ini ? Melewati hari ini dengan penuh makna: makna tentang cinta, ilmu, dan iman. Dengan cinta hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah, dan dengan iman hidup menjadi terarah. Gapailah tiga hal tersebut. Dan hanya kepada allah lah manusia berharap. Kesuksean itu bukan kekayaan, ketenaran, kepintaran, ketampanan, dan kekuasaan, tapi kesuksesan adalah ketika diberi cobaan dia sabar bukan sedih, ketika berbuat dia ikhlas bukan terpaksa, dan ketika diberi nikmat dia rendah hati dan intospeksi diri untuk lebih baik lagi, bukan sombong dan lupa diri. Kekuatan terbesar adalah ketika kita selalu bersama allah jika kita tidak merasa kehadirannya setidaknya kita yakin bahwa dia selalu melihat kita. Kekuatan terbesar kedua adalah ketika kita selalu bersama hati sehingga nafsum pun tak menghampiri, kekuatan terbesar ketika adalah berjuang bersama orang orang beriman (chalish)

Manusia mempunyai tiga potensi pada dirinya: 1. Fisik (mukmin yang kuat lebih dicintai allah dari pada mukmin yang lemah, tetapi fisik yang kuat tidak selalu di identik dengan kemulyaan. 2. Akal( orang yang beramal dengan ilmu lebih tinggi derajatnya dari pada orang beramal tanpa ilmu tetapi pintar tidak selalu di identik dengan kemulyaan. 3. Qalbu(inilah yang menenytukan kemulyaan seseorang yang hanya bisa dinilai oleh masing masing insan. Dengan kalbu yang bersih, fisik yang kuat jadi mulia dan otak yang pintar jadi mulia, jagalah hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini (chalish)

Bila pemeliharaan menekan dengan tak sudah, hidup in menjadi terlalu susah jika perlu, beristrahaltlah tetapi jangan mengaku kalah. Hidup ini aneh berbagai putaran dan belitan sebagai mana setiap orang ,mendapat pengajaran banyak pula teman terombang ambing tanpa haluan. Jangan berputus asa, walupun lambanya giliran karena akan berjaya dengan satu lagi kesempatan. Selaluya arah tujuan selalu dekat. Kepada yang lemah dan tergugat, selalunya yang berusaha berhenti sekarat. Bila paiala kemenangan ia patut rombat, betapa hampirnya dengan mahkota mengkilat. Kejayaan adalah kegagalan yang berputar putar, warna perak dari awan yang meragukan dan tak dapat diteka, betapa berhampiran, jadi teruskanlah perjaungan walau bertambah buruk, jangan mengaku kalah dan dikalahkan. Sampai ajal menjelang, karena kepada allahla tempat pulang kita(chalis).


0 comments:

Posting Komentar